SINGKAWANG KALI KEDUA TERAPKAN UNBK

SINGKAWANG KALI KEDUA TERAPKAN UNBK
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Singkawang, HM Nadjib mengatakan, jika hari ini merupakan hari pertama ujian nasional bagi SMK.

 
“Alhamdulilah, 100 persen semua SMK di Kota Singkawang sudah menggunakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK),” katanya.

Menurutnya, UNBK tahun ini merupakan yang kedua kalinya diterapkan di Kota Singkawang. “Mudah-mudahan pelaksanaannya bisa lebih lancar dari tahun kemarin, dimana tahun sebelumnya sempat terjadi pemadaman listrik sehingga ada beberapa siswa terpaksa melaksanakan UNBK pada malam hari,” ujarnya.

Jadi, kalau seandainya terjadi pemadaman listrik pun, pihaknya sudah mengantisipasinya dengan menyiapkan genset sebanyak dua unit.

“Jadi kita sudah siap mengantisipasinya apabila terjadi mati lampu,” ungkapnya.

Berdasarkan pantauannya dalam setengah hari kemarin, belum ada laporan mengenai hambatan pelaksanaan UNBK di sekolah.

Sedangkan untuk SMA, ujian nasional akan dilaksanakan pada tanggal 9 April, dimana pelaksanaannya bersamaan dengan ujian sekolah berstandar nasional (USBN) SMP.

“Untuk SMA juga diharapkan sudah mulai menerapkan UNBK,” pintanya.

Apabila ini dilakukan, maka akan tersisa satu atau dua sekolah saja yang tidak menerapkan UNBK di Kota Singkawang.

“Dua sekolah SMA itu merupakan swasta, mungkin dikarenakan sesuatu hal sehingga belum siap melaksanakan UNBK. Tapi hal ini akan kita dorong terus supaya bisa serempak melaksanakan UNBK,” jelasnya.

Dengan demikian, katanya, tahun depan UNBK di Kota Singkawang bisa dilaksanakan 100 persen.

Meskipun SMA/SMK saat ini sudah menjadi kewenangan Dinas Pendidikan Provinsi. Pemkot Singkawang harus punya inisiatif sendiri untuk memajukan dunia pendidikan di Kota Singkawang.

“Kita selalu berpikiran bahwa tanggungjawab moral kita sebagai pemerintah daerah di kota ini tetap masih melekat, karena kita tahu bahwa siswanya adalah anak Singkawang,” ungkapnya.

Artinya, terang Nadjib, di suruh atau tidak di suruh pihaknya akan tetap memantau ini. Bahkan, sebelum pelaksanaan UNBK, pihaknya juga sudah memanggil seluruh kepala sekolah untuk menberikan saran dan masukan mengenai persiapan-persiapan yang sudah mereka lakukan.

“Bahkan kita pun sudah menyiapkan genset untuk mendukung pelaksanaan UNBK SMA/SMK,” katanya.

MC. Singkawang/Vhutra

Add Comment